Penandatanganan Kontrak Pembangunan Jembatan Musi IV Palembang

Dikirim oleh : Administrator | Kategori : PU BM & SDA | 13/09/2016 11:45:16 WIB

Palembang - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III menandatangani kontrak pembangunan dan kontrak pengawasan pembangunan Jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan pada Rabu (16/12). Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Walikota Kota Palembang, Harnojoyo, Kepala BBPJN III, Thomas Setiabudi Aden, Kepala Dinas PU Bina Marga Kota Palembang dan Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang.

Pembangunan Jembatan Musi IV membentang sepanjang 1.130 meter dan lebar 12 meter ini akan menghubungkan bagian hulu dan bagian hilir kota Palembang. Lokasinya berada di Kelurahan Kuto Batu dan Kelurahan Lawang Kidul di Seberang Ilir, sementara di Seberang Ulu yakni di Jalan A Yani di Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang.

Penandatangan kontrak dilakukan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Jembatan Musi IV, Azwar Edie dengan penyedia jasa Paket Pembangunan Jembatan Musi IV yaitu PT.Adhi Karya dengan nilai kontrak Rp521 miliar, dana tersebut bersumber dari APBN tahun anggaran 2015-2018 dan masa pelaksanaan 30 bulan.

Dalam sambutannya Thomas menyebutkan, jembatan Musi IV diharapkan sudah dapat digunakan oleh masyarakat sebelum diselenggarakannya perhelatan Asian games XVIII di Kota Palembang pada 2018.  

“Jembatan Musi IV ini kelak diharapkan menjadi icon baru kota Palembang setelah Jembatan Ampera. Akan ada ornament penghias khas Palembang pada jembatan Musi IV nanti sehingga dengan sekali lihat publik, terutama yang berada diluar kota Palembang akan tahu bahwa jembatan tersebut merupakan jembatan yang berada di Kota Palembang,” jelas Thomas.

Senada dengan Kepala BBPJN III, Walikota Kota Palembang Harnojoyo, S.Sos  mengungkapkan apresiasi dan kegembiraannya dengan dilaksanakan penandatanganan kontrak ini artinya keinginan masyarakat di kota Palembang sedikit demi sedikit mulai terwujud. Beliau juga mengatakan bahwa pembangunan jembatan Musi IV sudah lama direncanakan terlebih jika  melihat kepadatan lalu lintas di Jembatan Ampera terutama di kawasan Jembatan Ampera atau dari kawasan Seberang Ulu ke Seberang Ilir.

"Kami harapkan, jembatan ini bisa selesai secpat-cepatnya. Sebelum Asian Games, harus sudah selesai," kata Walikota Palembang.

Sumber : www.pu.go.id