Berita

KOMISI V DUKUNG UPAYA PENANGANAN KEMACETAN PALEMBANG

Komisi V DPR-RI mendukung upaya-upaya penanganan kemacetan di kota Palembang yang dilakukan pemerintah provinsi Sumatera Selatan dan pemerintah kota Palembang. Upaya tersebut dilakukan berupa peningkatan kapasitas jalan dan pembangunan jalan layang (fly over) di persimpangan jalan yang menyebabkan kemacetan.

Penandatanganan Kontrak Pembangunan Jembatan Musi IV Palembang

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III menandatangani kontrak pembangunan dan kontrak pengawasan pembangunan Jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan pada Rabu (16/12). Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Walikota Kota Palembang, Harnojoyo, Kepala BBPJN III, Thomas Setiabudi Aden, Kepala Dinas PU Bina Marga Kota Palembang dan Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang.

Pengembangan Ekonomi Lokal Berperan Dalam Pembangunan Kota

Berbicara Kota Palembang tentu langsung teringat akan Pempek Palembang. Usaha makanan ini memang diakui menjadi salah satu penggerak ekonomi kota. "Setiap hari 3-4 ton pempek yang keluar Palembang. Industri makanan memang besar di Palembang, namun sayangnya bahan baku seperti sagu dan garam masih berasal dari luar Palembang," kata Didik Susetyo, akademisi dari Universitas Sriwijaya dalam diskusi bertema pengembangan ekonomi lokal di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (1/6).

PALEMBANG KOTA METROPOLITAN KEDUA SUMATERA

Palembang telah lama berkembang menjadi kota metropolitan. Diperkirakan, perkembangan ini akan diikuti dengan konversi lahan dalam skala besar sebagai dampak peningkatan kebutuhan ruang. Karena itu, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota lebih memberikan perhatian kepada kawasan perkotaan Palembang yang telah berkembang menjadi metropolitan ke-dua di Sumatera setelah Metropolitan Medan”.